Media dan TI bahasa prancis

materi pertama disemester 3 ini, tentang hakikat komunikasi dan komponennya. kalian bisa lihat sendiri dibawah ini:


Hakikat Komunikasi

Komponen Komunikasi

Komunikasi yang efektif dalam pembelajaran


A. hakikat komunikasi
tujuan dari komunikasi itu sendiri. dimulai dari proses penyampaian informasi dimana tahap ini dilakukan oleh 2 orang atau lebih sebagai pemberi informasi dan sebagai penerima informasi. Dilanjutkan dengan penyampaian gagasan, dimana suatu informasi yang beredar ditelaah dan dikaji oleh manusia dan terbentuklah gagasan/ide dari suatu informasi tersebut, namun ini masih berupa hipotesis/hipotesa yang belum dketahui kebenarannya. yang ketiga yaitu proses penciptaan arti, ditahap ini informasi yang sudah menjadi gagasan, mengalami penciptaan arti oleh orang-orang dengan segala ilmu pengetahuannya. misal: informasi mengenai distribusi subsidi BBM dan kenaikan BBM. Info itu hanya akan menguntungkan warga yang memakai kendaraan bermotor saja. dikatakan demikian karena masyarakat Indonesia memang tak semua memiliki kendaraan mengingat kesenjangan sosial dan ekonomi yang ada di negara Indonesia.

B. Komponen Komunikasi
bisa dikatakan komponen/alat yang ada untuk mendukung terjadinya proses komunikasi. komponennya ada 3, antara lain: a. komunikator (pengirim pesan), tugasnya yakni meneruskan/membagikan informasi yang diterima kepada masyarakat. b. pesan/informasi itu sendiri. jika tak ada pesan/informasi apa yang mau dikirimkan/dibagikan kepada khalayak ramai (?) c. komunikan (penerima pesan) tugasnya pasti menerima pesan yang telah didapat, lalu dia bisa membagikannya atau tidak itu terserah.

C. Komunikasi yang efektif
komunikasi yang baik dan efektif serta efisien pastilah membutuhkan kelima hal tersebut diatas. maka dari itu agar suatu informasi yang tersebar tidak membuat bingung orang yang menerima dan yang akan membagikannya kepada khalayak ramai, suatu informasi haruslah dibuat sedemikian rupa hingga sesuai dengan budaya/adat, karakter/ciri khas masyarakat yang akan menerima info tersebut. misal; suatu informasi berbahasa jawa halus seperti Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta diinfokan kepada pengguna bahasa jawa kasar seperti di daerah Jawa Timur, pasti akan rancu, begitu pula sebaliknya. 

sekian materi tentang hakikat komunikasi. semoga bermanfaat. terimakasih dan tunggu materi selanjutnya dariku yah? bye-bye 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Docs: buat dokumenmu lebih berwarna!

Bonjour  à tous! Dipostingan kali ini moniqueen bakal share tentang google docs. wuzzzz.... pa'an tuh? oke deh, ngga' perlu ...