resume tentang aspek pengelolaan kelas dengan media

Hey Guys!
ketemu lagi sama Aqu hehe 😁 seneng ngga'? iyalah ya.. kan Aqu ngangenin πŸ˜†
oke! back to purpose, kali ini Aqu bakal share lagi materi media pembelajaran bahasa perancisqu seperti yang udah Aqu bilang dipostingan sebelumnya (kalo inget ) 😴

okay, this is it...
Resume tentang aspek pengelolaan kelas dengan media
Mengajar adalah gabungan antara seni dan pengetahuan

Seorang pengajar yang memiliki keterampilan dan penguasaan materi ajar, adalah pengajar yang ideal. Namun, tanpa didasari sikap kepemimpinan dan ‘dekat’ dengan siswanya, sangatlah jarang, maka dari itu, ciptakanlah hubungan yang baik, dinamis, seru, dan membimbing namun tidak ‘killer’.

yogyakarta
9/20/2018



Nama   : Noni Mira Monica
NIM    : 17204241002
Kelas   : A

Resume tentang Aspek Pengelolaan Kelas melalui Media kelas A

Judul buku      : Materi Media Bab II tentang Pengelolaan Kelas (Diktat Teknologi Pengajaran Bahasa Prancis)
Penulis             : Douglas Brown, David Nunan, Ahmadi dan Ahmad Rohani.
Penerbit           : Longmann, Cambridge University Press, Rinneka Cipta.
Tahun terbit     : 2000, 1989, 1990.

Pengertian keterampilan mengelola kelas yaitu: keterampilan dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas agar tetap kondusif.
Pengajar perlu menguasai keterampilan agar dapat:
   1)      Mendorong siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab
   2)      Menyadari kebutuhan siswa
   3)      Memberikan respon yang efektif terhadap perilaku siswa

Dalam buku materi media pembelajaran dan TI bahasa prancis pada bab II dibahas mengenai pengelolaan kelas yang mana meliputi; faktor fisik kelas, gaya mengajar&peran pengajar, penyiapan materi dan pengondisian serta pengorganisasian yang positif.

    Pada sub bab kondisi fisik kelas dipaparkan bagaimana sebaiknya ruang kelas yang ideal untuk menanamkan kesan pada mahasiswa baru mengenai ruang kelas yang nyaman dan kondusif.

      Pada sub bab gaya mengajar dan pengajar dijabarkan bagaimana seorang pengajar bersikap dan cara mengajarnya, serta pembawaannya. Seorang pengajar harus punya jiwa kepemimpinan agar para siswanya bisa terpancing dan ikut berpartisipasi dalam pembelajaran tersebut.

      Pada sub bab penyampaian materi dan pengondisian ketika terjadi situasi dimana siswa menyimpang dari materi ajar, pengajar hendaknya bisa mengatasi hal tersebut dengan memilih antara melanjutkan topik menyimpang tersebut, atau berhenti paksa ditengah jalan. Pengajar harus tetap bersikap tenang dalam mengatasi keadaan tersebut, dan harus bisa memilih kapan harus berhenti, dan kapan harus melanjutkan diskusi.

    Pada sub bab pengorganisasian yang positif  maksudnya, jika pengajar berada pada situasi yang kurang kondusif, sebaiknya tahu dan berinisiatif untuk melakukan sesuatu yang membuat suasana kelas nyaman dan kondusif kembali.

    Pada sub bab peran dan gaya pengajar yakni, pengajar harus mengetahui dan memahami dirinya sendiri, mengetahui batas kemampuannya dan siap memberi peran apapun.   
       
      semoga bermanfaat. hehe πŸ˜„





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Docs: buat dokumenmu lebih berwarna!

Bonjour  Γ  tous! Dipostingan kali ini moniqueen bakal share tentang google docs. wuzzzz.... pa'an tuh? oke deh, ngga' perlu ...