ketemu lagi sama Aqu hehe π seneng ngga'? iyalah ya.. kan Aqu ngangenin π
oke! back to purpose, kali ini Aqu bakal share lagi materi media pembelajaran bahasa perancisqu seperti yang udah Aqu bilang dipostingan sebelumnya (kalo inget ) π΄
okay, this is it...
|
Mengajar adalah gabungan antara seni dan pengetahuan
|
|
Seorang pengajar yang memiliki keterampilan dan penguasaan materi ajar,
adalah pengajar yang ideal. Namun, tanpa didasari sikap kepemimpinan dan
‘dekat’ dengan siswanya, sangatlah jarang, maka dari itu, ciptakanlah
hubungan yang baik, dinamis, seru, dan membimbing namun tidak ‘killer’.
|
|
yogyakarta
|
9/20/2018
|
|
Nama : Noni Mira Monica
NIM : 17204241002
Kelas : A
Resume tentang Aspek Pengelolaan Kelas melalui Media
kelas A
Judul buku : Materi Media Bab II tentang Pengelolaan
Kelas (Diktat Teknologi Pengajaran Bahasa Prancis)
Penulis :
Douglas Brown, David Nunan, Ahmadi dan Ahmad Rohani.
Penerbit : Longmann, Cambridge University
Press, Rinneka Cipta.
Tahun terbit : 2000, 1989, 1990.
Pengertian
keterampilan mengelola kelas yaitu: keterampilan dalam menciptakan dan
mempertahankan kondisi kelas agar tetap kondusif.
Pengajar perlu
menguasai keterampilan agar dapat:
1)
Mendorong
siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab
2)
Menyadari
kebutuhan siswa
3)
Memberikan
respon yang efektif terhadap perilaku siswa
Dalam buku materi media pembelajaran dan TI bahasa
prancis pada bab II dibahas mengenai pengelolaan kelas yang mana meliputi;
faktor fisik kelas, gaya mengajar&peran pengajar, penyiapan materi dan
pengondisian serta pengorganisasian yang positif.
Pada
sub bab kondisi fisik kelas dipaparkan
bagaimana sebaiknya ruang kelas yang ideal untuk menanamkan kesan pada
mahasiswa baru mengenai ruang kelas yang nyaman dan kondusif.
Pada
sub bab gaya mengajar dan pengajar
dijabarkan bagaimana seorang pengajar bersikap dan cara mengajarnya, serta
pembawaannya. Seorang pengajar harus punya jiwa kepemimpinan agar para siswanya
bisa terpancing dan ikut berpartisipasi dalam pembelajaran tersebut.
Pada
sub bab penyampaian materi dan
pengondisian ketika terjadi situasi dimana siswa menyimpang dari materi
ajar, pengajar hendaknya bisa mengatasi hal tersebut dengan memilih antara
melanjutkan topik menyimpang tersebut, atau berhenti paksa ditengah jalan.
Pengajar harus tetap bersikap tenang dalam mengatasi keadaan tersebut, dan
harus bisa memilih kapan harus berhenti, dan kapan harus melanjutkan diskusi.
Pada
sub bab pengorganisasian yang
positif maksudnya, jika pengajar
berada pada situasi yang kurang kondusif, sebaiknya tahu dan berinisiatif untuk
melakukan sesuatu yang membuat suasana kelas nyaman dan kondusif kembali.
Pada
sub bab peran dan gaya pengajar yakni,
pengajar harus mengetahui dan memahami dirinya sendiri, mengetahui batas
kemampuannya dan siap memberi peran apapun.
semoga bermanfaat. hehe π
Tidak ada komentar:
Posting Komentar